Sunday, June 15, 2014

First Time in Lithuania

Pagi gue hari ini diawali dengan muka dan badan yang super kusut karena seharian flight dan transit, tanpa diselingin mandi, bahkan sikat gigi. Jadi, pagi tadi gue memutuskan buat sikat gigi di kamar mandi airport. Dan jujur aja, gue ga pernah merasa kalo sikat gigi bisa senikmat itu hahaha.

Oh well, satu hal lagi, dari kemaren sampe tadi pagi gue ga makan dan minum apa-apa karena harga-harga di sana ga masuk akal. Bayangin aja harga air putih sebotol 3 euro, roti harganya 1 euro lebih each, sandwicch 3-7 euro, minuman kaleng sekitar 4 euro, dll. Makanan paling murah yang gue liat adalah apel. Sebuah apel berukuran kecil dibandrol 1 euro. Oke fix gue puasa di Finland.

Sesudah beberapa belas jam (ini beneran), gue akhirnya masuk ke pesawat kecil (Flybee) buat terbang ke vilnius. Gue di jalan tidur terus karena emang kemarinnya ga tidur. Terus pas gue buka mata tau-tau di bawah gue udah keliatan kota Vilniusnya. Keren banget dah.

Well singkat cerita, gue sampe di airport, lalu gue ambil koper gue, terus keluar. Dan di luar gue ngeliat wajah yang familiar lagi dadah-dadah ke gue. Well itu Evelina, project coordinator gue. Dia tinggi... dan ternyata lebih muda dari gue haha.

gue dan Evelina, project coordinator sekaligus orang yang rumahnya gue tinggalin selama beberapa hari
Nah setelah itu kita pergi ke rumah evelina. Rumahnhya di desa, dan desanya keren banget! Eropa klasik gitu deh haahahaha. Selain itu, rumahnya sendiri juga keren banget. Rapi, enak diliat, dan warnanya pink hahahahaha. Nah di rumah Evelina ini juga gue kenalan sama keluarga dia; papa, mama, adik (Luiza), kakak (Daniel), sama anjingnya.

papa dan mama
Luiza
Daniel dan Luiza
anjing yang gue lupa namanya
Waktu gue baru sampe, gue langsung disuguhin pancake bikinan mama dan home made juice mereka

pancake dan "bubur" stroberi
Nah, Evelina tadi lagi sibuk banget, jadi dia buru-buru pergi lagi karena ada urusan. Alhasil, gue ditinggal di rumah dia. Luckily, kakaknya dia bisa bahasa inggris dan lancar banget. Oleh karena itu, gue yang emang demen banget jalan nanya ke dia tentang gimana caranya ke pusat kota, karena gue mau nuker duit (karena di Lithuania mata uangnya Lita), mau motong sim card karena hape gue butuhnya sim card yang kecil, dan gue pengen jalan-jalan ke Old Town.

Old Town apaan sih? Hmm gue kasih foto-foto aja kali yah hahaha. Nih Old Town.

NB : liat bule di sebelah kiri

Jadi gue bisa ke Old Town itu karena dianter sama Daniel naik mobil. Tadinya Daniel bilang, kalo gue udah kelar telepon dia aja. Tapi gue ga enak dan ga mau ngerepotin dia lagi. Jadi gue memutuskan buat nekat (lagi) naik bis.

free ride!
Di Old Town itu, Daniel menyarankan rute gini : masuk gate - jalan terus (in fact berkilo-kilo) sampe katedral - cari bus stop di sana - naik bus sampai ke bus stop terbesar (stasiun gitu) - pulang dengan selamat dengan naik bus nomer 61.

Entah kenapa jiwa bolang gue lagi berapi-api banget tadi. Jadi gue memutuskan rute gue adalah : jalan aja terus dan ambil selfie sebanyak-banyaknya - balik lagi ke tempat yang sama dengan jalan kaki - tanya-tanya ke orang tentang lokasi bus stop - pulang dengan selamat dengan bus apapun.

Entah kenapa lagi, gue tadi bisa sampe di katedral tanpa nyasar sama sekali. Sebenernya di jalan menuju katedral itu gue banyak terdistact gitu dan beberapa kali sempet nyimpang-nyimpang dari jalan utama (FYI, pesan Daniel ke gue adalah : jalan di jalan utama dan terus ambil sisi kanan, and you'll be fine).

Berikut adalah hal-hal "menyimpang" yang bisa mendistract gue.

kios-kios kecil

makanan!! this one is 8 Litas (1 lita sekitar Rp 4.600)
ga abis-abis loh!
anak-anak yang main biola di jalanan (FYI, gue kasih mereka Rp 5000 lol)
Setelah beberapa jam gue jalan jalan dan took some good pictures, gue akhirnya sampe juga di katedral. Gede. Banget. Wow.

Gue cukup lama di sekitar katedral itu. Terus sesudah beberapa lama, gue terdistract (lagi) karena di depan katedral ada jalan yang menarik perhatian gue, dan Daniel sempet bilang kalo di jalan itu ada bus stop yang bisa nganterin gue ke bus stop pusat. Karena emang dasar gue yang kepo, jadi gue jalan di sepanjang jalan itu dan took some great pictures again. FYI, gue masih bingung kenapa orang-orang sini segitu takjubnya ngeliat orang bawa tongsis hahaha. But so far so good.

Sesudah beberapa lama gue jalan-jalan di sepanjang jalan itu, gue balik lagi ke arah katedral dan coba ikut misa di sana. Keren sih. Keren banget. Tapi ga ngerti! hahaha

Sesudah puas liat-liat di daerah sana, gue memutuskan buat jalan ke arah yang sama lagi kaya tadi. Jauh sih, berkilo-kilo, cuma asik banget.

Nah singkat cerita, gue berhasil balik lagi ke spot di mana gue sama Daniel misah. Terus gue sempet gambling dan milih buat jalan ke arah kanan. Untungnya, setelah beberapa lama jalan, gue nemu papan penunjuk ke arah bus stop dan gue ga terlalu kehilangan arah lagi lol. Gue juga nanya arah ke orang (tiap 100 meter gue selalu nanya arah hahahahaha), dan akhirnya gue bisa sampai ke bus stop (tanpa nyasar!).

Tempat gue dan Daniel berpisah :')
Well ada cerita yang agak bodoh sebenernya. Jadi, di jalan menuju ke bus stop, gue sempet nemu supermarket gitu. Gue masuk ke sana dengan tujuan pengen beli minum karena di Finland gue ga makan dan minum, terus di rumah Evelina cuma makan pancake 2 biji dan minum segelas minuman tradisional sana. Sampe di sana gue mulai nimbang-nimbang harga air putih. Ada yang 1.99, 1.36, dll. Terus gue ngeliat ada sebotol air sebesar 1.5 Liter dengan harga 0.99. Jelas lah langsung gue beli.

Setelah gue bayar dan keluar dari supermarket, gue langsung buka botol itu karena emang beneran haus banget. Terus waktu gue puter tutupnya, keluar bunyi "psssss" gitu. Dari sana gue udah mulai curiga. Dan bener aja, pas gue minum, ternyata itu soda. Soda tawar. Mau gue apain dah ini soda tawar 1.5 liter...

Oke back to topic. Singkat cerita, gue masuk ke bis yang bener, yaitu nomer 61. Terus, waktu di bis, gue miscounted gitu. Nah gara-gara itu, jadi gue turun di bus stop yang salah. Dan oleh karena itu, jadi Daniel jemput gue pake mobil (thanks bro!). Singkat cerita, dia dateng dan gue masuk mobil. Sesudah itu dia bilang kalo dia mau bantu temennya dulu karena mobilnya ga bisa jalan. Dia nanya gue mau ikut apa engga. Gue yang dasarnya emang tukang kepo ini akhirnya bilang kalo gue pengen ikut (karena gue masih kepo sama budaya di sini).

pemandangan dari bus stop : train station
Akhirnya gara-gara itu, gue baru sampe rumah sekitar jam 10an malem. Tapi pengalamannya bener-bener baru deh. Temen-temen dia ini semacem anak-anak tukang lawak dan kocak banget. Ketiga orang bule itu pada takjub waktu ngeliat gue lagi ngecharge pake power bank!! Mereka baru sekali ngeliat alat yang namanya power bank lol. Sayang banget gue lupa ngambil foto mereka.

Sesampai di rumah, gue disuguhin makanan sama mama. Dia ngerebus sosis gitu. Dan asli ini sosis enak banget! Jauh lebih enak daripada sosis di Finland yang mahal itu. Gue juga disuguhin roti-roti tawar di sana. Not bad, tapi agak kasar gitu.

sosisnya lupa kefoto :(
Setelah selesai makan dan beres-beres, gue naik ke kamar dan mau ngupdate blog dan bikin kerjaan-kerjaan gue. Terus tanpa sadar, gue nyentuh layar gue (karena kebeneran touch screen), dan Daniel takjub (lagi). Dia kemudian manggil bokapnya dan Louisa juga, lalu mereka takjub bertiga. Oke di titik ini gue mulai merasa kalau Indonesia ternyata cukup maju hahaha.

Gue kemarin ini baru sempet nulis setengah dari tulisan ini dan ngantuk banget. Banyak kalimat-kalimat yang ga nyambung dan gue sendiri ga tau kenapa gue nulis itu. Jadi, gue memutuskan buat tidur dan lanjut besoknya. Oh iya, di rumah ini gue kayanya belum nemu kasur deh. Semuanya pake sofa yang bisa jadi kasur. Awalnya gue bingung, tapi sekarang gue ngerti hahaha.

Oh by the way, buat info aja nih, di sini tuh setiap summer, sampai malem masih terang. Katanya sih baru mulai gelap tuh sekitar jam 11 atau 12 malem. Semua foto-foto gue di old town itu semua diambil di antara jam 5-8 malem, dan foto yang gue ambil dari bus stop itu diambil jam 8 malem. Oh satu lagi, di sini summernya dingin banget! Sekarang aja sekitar 13-15 derajat. WOW.