Thursday, April 17, 2014

it ain't easy, dude

ENGLISH

Have you ever gone travelling yourself? Have you ever tried to take care of your ticket, visas, and everything yourself? Well I have never done that myself (before), but now I have to take care of everything myself. Usually my parents and my relatives took care of everything when I went travelling. And even when I went with my friends, someone helped me for sure. So this is my very first time dealing with these kind of documents and requirements. Trust me this ain't easy! You won't know how hard it is until you try it yourself!

I started to look for a cheap plane ticket few days ago and I still can't find the cheapest one, it feels like all of them are in the same price, about 15.000.000 IDR, or about 1300 USD. I called everywhere, I browsed everywhere, but it's still hard. I even got headache because of this hahaha. Yeah I'm weak enough!

Beside the plane ticket, I still have tons of things to be done, like taking care of my schengen visa. Well I just called the Hungarian Embassy this morning, and they are actually representing the embassy of Lithuania. I asked her about the requirements to make the visa. FYI, these are the things that I have to prepare : the invitation letter, my passport, a photo, a travel insurance (min 30.000 Eur coverage), the airplane ticket, the itinerary, and many more. And if you're interested to go to Lithuania, you should check it online, cos the requirements for each countries might be different.

This is a very stressful situation to me, because I have to do that myself, and my dad isn't a big fan of Europe, cos everything's expensive there. So actually he didn't really want me to go to Europe. Yeah it makes this even harder. But luckily my mom supports me, and she's been really patient all these times! So, thanks mom! and dad! One word for you, RESPECT.

My Mom and My Dad
Well I'll try to look for the best offers. Wish me luck!

- you won't know until you try -





BAHASA


Pernah ga lo pergi travelling sendirian? Pernah ga lo ngurusin keberangkatan lo sendiri? Seperti tiket pesawat, visa, dokumen-dokumen, dll? Oke gue ga pernah sebelumnya. Tapi gue sekarang harus ngurusin semuanya sendiri. Biasanya setiap kali gue pergi kemanapun, orang tua atau keluarga yang lain selalu bantu ngurusin. Dan sekalipun gue pergi sama temen-temen gue, pasti ada temen gue yang bantu ngurusin. Tapi sekarang gue bener-bener ngurusin semuanya sendiri, dari cari tiket sampe ngurus visa. Beneran deh ngurusin ginian susah banget. Lo ga akan tau susahnya kaya gimana sampe lo nyobain!

Beberapa hari lalu gue udah mulai cari-cari tiket pesawat, baik ke agen maupun online. Tapi semua tiket harganya mirip-mirip gitu, sekitar Rp 15.000.000 atau sekitar 1300 USD. Buat gue yang bukan orang tajir, tiket segitu tuh mahalnya pake banget. Gue udah coba nanya dan nyari ke banyak sumber, tapi yang gue dapetin rata-rata segituan harganya. Pusing banget deh, sakit kepala gue hahaha

Selain tiket pesawat, gue juga harus ngurusin visa schengen kalau mau ke sana. Gue sekarang masih bodo banget urusan ginian, jadi gue butuh banyak nanya buat ngurus ini itu. Tadi pagi gue baru telepon ke kedutaan besar Hungaria, yang merupakan perwakilan dari kedutaan besar Lithuania. Gue nanya-nanya tentang persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi kalau gue mau bikin visa. Banyak bener dah persyaratannya. Nih gue rinci yah, siapatau ada di antara lo yang mau ke Lithuania juga hahaha. Jadi yang dibutuhin tuh Invitation Letter, original dan copy paspor, pas foto 3.5 x 4.5 dengan latar putih atau abu, travel insurance yang mencover minimum 30.000 Euro, bukti booking tiket pesawat, rincian mengenai planning kita mau ngapain aja di sana, surat keterangan tentang tempat yang akan kita tinggali selama di sana, bukti copy rekening 3 bulan terakhir (ga ada saldo minimum), KTP, kartu keluarga, form Lithuania yang bisa didownload di situs resminya, sama uang 60 Euro buat biayanya (harus dalam Euro).

Banyak banget persyaratan yang harus gue urusin, dan ini stressful banget. Salah satunya karena papa sebenernya agak anti sama negara-negara Eropa, karena biayanya mahal katanya. Jadi dari awal emang papa sebenernya ga terlalu mau gue pergi ke sana. Cuma untungnya papa ga ngelarang sih, jadi seengganya gue masih ada harapan walaupun pengorbanannya banyak banget. Dan ada satu hal yang benet-bener bikin gue bersyukur banget. Mama bener-bener ngedukung gue. Walaupun mama ga ngomong apa-apa, tapi gue bisa liat kalo mama ngedukung gue. Bisa diliat dari cara mama ngomong ke gue, cara dia nanya ke gue tentang progress, tentang negaranya, tentang project, dan dia juga kemaren sempet nanya-nanya gitu ke temennya yang pramugari tentang tiket murah dan negara Lithuania. Jadi, walaupun dia ga terlibat dalam urusan dokumen dll, tapi dia bener-bener ngasih dukungan moral buat gue, dan itu yang bener-bener bikin gue termotivasi buat tetep lanjut. Makasih ma! Makasih pa! Maaf yah link blognya baru bakal dikasih tau nanti sebelum Isel pergi. Malu nih hahaha. Satu kata buat kalian, RESPECT.

Mama Papa
Oke, semoga bisa dapet tiket termurah dan proses tercepat deh. Doakan!

- you won't know until you try -

No comments:

Post a Comment